Problematika Seputar NISN TP 2013-2014

1. a. Problematika :  tanggal ……. Maret  2014 adalah batas akhir penvalidan NISN di PDSS untuk SNMPTN bagi siswa MA kelas 12.

b. Masalah yang timbul :

– ternyata NISN yang ada selama ini punya siswa lain.

– ternyata NISN tidak muncul di Referensi Diknas (karena awalnya diisi sembarangan, NISN tidak aktif karena datanya tidak terdaftar di Aplikasi EMIS online dan butuh waktu untuk verval-pengajuan NISN melalui aplikasi EMIS Offline (form 2013)-Online ).

– baru diketahui begitu deadline pengumpulan data hampir berakhir.

c. Solusi :

– Pada waktu PSB (Penerimaan Siswa Baru) tiap tahun, Madrasah WAJIB ceklis data NISN siswa baru di Aplikasi EMIS atau di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data, baik di pencarian berdasarkan NISN ataupun di pencarian berdasarkan Nama. Sehingga masalah tersebut diatas bisa teratasi lebih awal.

2. Demikian untuk menjadi perhatian kita bersama demi kelangsungan pendidikan anak didik kita. terima kasih.

{Jozz}.

2 thoughts on “Problematika Seputar NISN TP 2013-2014

  1. masalah NISN merupakan hal yang klasik, sepele tapi jadinya ruwet. hal itu dikarenakan kurangnya informasi dan Koordinasi antara pihak kementerian agama dalam hal ini Bagian Pendidikan Madrasah (operator Emis) baik di propinsi terlebih lagi di kabupaten. sehingga banyak informasi yang tidak sampai / tidak difahami / malah bahkan membingungkan bagi Madrasah. Contoh kecil saja,,, di salah satu Kabupaten Orang Tuanya menjadi Operator EMIS yang punya hak akses penuh, dsb… tapi justru anaknya sendiri tidak bisa ikut program SNMPTN undangan dikarenakan tidak punya NISN. Padahal pihak madrasah sudah membuatkan Blangko pengajuan. apa itu bukan hal yang LUCU….??? untuk kedepannya MOHON dengan HORMAT. KEpada seluruh pemangku kepentingan. Kalau Kementerian Agama (PENDMA) sudah BERIKRAR untuk urusan NISN & NPSN terpisah dari Dinas Pendidikan Mohon Kiranya KONSISTEN dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. KALAU MEMENAG TIDAK MAMPU… KAMI DARI INDUK KKM SIAP Menjadi Operator EMIS dengan HAK AKSES PENUH. Demi Kebaikan Bersama. Mohon Maaf dan terimakasih.

    • saya dukung pak, artinya selama ini kami “agak” kesulitan memantau apakah Kab/Kota sudah menindaklanjuti Sosialisasi dari Pihak Kanwil, maka dari itu tahun ini kita coba dengan Monitoring ke 38 Kab/Kota. Selanjutnya kami berkeinginan bahwa untuk pengentrian Pendataan Madrasah via EMIS dilaksanakan sepenuhnya oleh Madrasah yang bersangkutan dengan bimbingan dari Gugus RA, KKM MI-MTs-MA dan Pendma Kab/Kota serta kami di Kanwil sehingga menghasilkan produk data yang realitabel apa adanya guna sebagai data pendukung Kebijakan Pusat terhadap Wilayah/Daerah secara tepat sasaran dan tepat guna. Kuncinya adalah kerja sama yang erat diantara kita dengan saling mendukung, mensuport, mengingatkan demi kelangsungan pendidikan di Tanah air ini khususnya di Wilayah Propinsi Jawa Timur di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Amin…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s